Postingan

Tabulampot Jeruk Kolomonde

Gambar
Hallo sahabat tanpot semua, masih seputar tanaman tabulampot yang kini makin lama makin diminati oleh banyak orang, salah satunya saya dan sobat semua yang mampir ke artikel ini. Pada postingan kali ini admin mau mengabari kalau admin baru saja beli tanaman jeruk nih, varietasnya adalah jeruk kolomonde yang mana jeruk ini dapat dengan mudah berbuah di dalam pot atau polybag.


Nah kebetulan buat sobat yang hobi mengoleksi tanaman tabulampot bisa juga jeruk kolomonde ini menjadi pertimbangan untuk dikoleksi. Masalah perawatan jeruk ini cukup mudah dan dapat tumbuh baik serta berbuah di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.

Masalah harga? harganya juga murah, 1 bibit tanaman jeruk kolomonde hasil okulasi bernilai Rp.25-40rb tergantung daerah tempat sobat membeli, kalau didaerah saya malang harga pasaran jeruk kolomonde ini 20-25 rb.

Baca Juga : Tabulampot Jeruk Lemon

Berapa lama jeruk kolomonde bisa berbuah jika sudah ditanam?
Faktanya ya, jeruk kolomonde yang di jual oleh pedagang bib…

Menanam Tanaman Serai Sendiri di Rumah

Gambar
Hallo teman-teman lama saya sudah tidak update lagi di blog ini, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan praktek menanam tanaman serai sendiri di pekarangan rumah. Barangkali sahabat yang mampir disini pingin tahu cara menanam tanaman ini.

Lepas dari berbagai macam jenis serai, seperti serai wangi dan serai untuk bumbu dapur, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada aroma, dan kegunannya. Karena saya kurang paham, jadi saya akan hanya fokus pada praktek menanam serai.

Bahan utama untuk menanam serai adalah bibit, kedua media tanam dan ketiga alat pendukung. Oke bibit bisa kita peroleh di pasar dan bisa juga memecah anakan serai dari induknya (kayak hewan aja ada induknya, hehehe).

Cara memecah anakannya dengan menggali atau mencabut batang serai hingga akarnya ter ikut, gimana ya cara menjelaskannya ya? jadi bingung, intinya di pisah aja, bisa perhatikan gambar di bawah ini :
Hasilnya akan lebih bagus lagi kalau hasil cabutannya terdapat banyak akar s…

Kenalan Sama Kunyit Putih Yang Katanya Banyak Khasiatnya

Gambar
Sebenarnya saya kenal dengan tanaman kunyit putih sudah 3 tahun yang lalu saat mencangkul di kebun belakang rumah dan tidak sengaja menemukan rimpang yang menyerupai jahe tetapi bukan tanaman jahe, setelah saya tanyakan ke tetangga ternyata ini adalah tanaman kunyit putih.

Kata mereka tanaman ini adalah tanaman jamu yang bisa digunakan sebagai obat herbal berbagai penyakit, karena saya tidak tahu cara memanfaatkannya jadi tidak saya hiraukan sampai tiga tahun berlalu.

Hari ini saya melihat kunyit putih lagi yang diambil oleh pak Jhito ditempat yang dulu awal saya bertemu dengan tanaman ini. Kali ini jumlahnya jauh lebih banyak, perkiraan ada 50kg kunyit putih yang diletakkan begitu saja diteras rumah.


Bingung juga sih mau diapain, mau di jual? tidak tau mau dijual kemana. Ya dijual ke pasarlah? Sempat sih terfikir untuk membawanya kepasar, tetapi saya tidak pede mau jual langsung dan gak yakin ada yang mau beli.

Kalau ke tengkulak? Gak punya kenalan tengkulak yang mau ambil kunyit put…

Tanaman Jeruk Lemon di Polybag

Gambar
Pagi ini saya teringat tanaman lemon yang saya tanam di kampung halaman, tepatnya di Pulau Bawean, lucunya sampai saat ini saya belum paham jenis lemon apa yang saya tanam, kok dulu gak kepikiran ya untuk nanya ke penjual bibitnya waktu beli, ah sudahlah nanti saja setelah ke temu penjual bibitnya. Owh iya buat sobat yang mungkin belum tau tanaman lemon ini banyak jenisnya loh, kalau istilah dalam dunia pertanian kultivar/varietas.

Biasanya setaip jenis tanaman memiliki karakteristik yang berbeda walaupun jenis tanamannya sama, seperti jambu biji ada varietas jambu sukun, getas merah, kristal dan lain-lain. Tanamannya sama tapi ada yang membedakan dari salah satu morfologinya.

Saya beri contoh tanaman jambu biji lokal dengan jambu biji sukun merah memiliki perbedaan pada bentuk daunnya, buahnya, dan bijinya. Jambu biji sukun bentuk daunnya cenderung bulat dan daging buah tebal nyaris tanpa biji, sedangkan lokal daunnya cenderung lonjong dan di dalam buah terdapat banyak biji. Intinya …

Praktek Menanam Tanaman Rosemary di Rumah

Gambar
Tanaman rosemary adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan bisa juga digunakan sebagai bumbu dapur. Penggunaan tanaman ini masih cukup asing di Indonesia namun sangat populer di dataran laut tengah seperti pada masakan Italia, Turki dan daerah Leventia.

Rosemary banyak memiliki manfaat untuk manusia, misal untuk tambahan bumbu dapur, sebagai minuman kesehatan dengan dijadikan teh, tanaman pengusir serangga seperti nyamuk dan hama, serta untuk menjaga kesehatan mata.

Masak iya? Berdasarkan studi literatur yang admin lakukan ternyata memang banyak manfaat menanam tanaman rosemary. Berikut ini ulasannya berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh ilmuan dengan objek tanaman rosemary.

Rosemary Untuk Proteksi Hinggapan Nyamuk
Tanaman ini memiliki aroma yang khas dan siapa yang sangka ternyata aromanya dapat memproteksi kulit dari hinggapan nyamuk. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Devy pada tahun 2008 dalam jurnal yang berjudul Efek Repellent Ekstr…

Daun Binahong Untuk Mengobati Luka Diabet

Gambar
Daun binahong terkenal dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan, salah satu khasiat binahong adalah untuk pengobatan luka pada penderita diabetes. Diabet adalah penyakit yang disebabkan kadar gula dalam tubuh tidak terkendali secara normal sehingga dapat merusak organ tubuh yang lain apabila tidak segera diatasi.

Penderita diabet harus selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu prima dan menghidari sebisa mungkin hal-hal yang dapat menjadikan tubuh terluka, sebab apabila organ tubuh terluka akan cukup lama dan sulit untuk sembuh.


Hal ini disebabkan sistem recovery tubuh sudah tidak normal. Namun apabila sudah terlanjur luka jangan sampai dibiarkan terlalu lama dan harus segera mendapat penanganan dengan cara diobat agar tidak infeksi.

Salah satu ramuan alami untuk membantu pemulihan luka pada penderita diabet adalah daun binahong, hal ini karena binahong mengandung senyawa yang dapat membantu menutup luka pada penderita diabet.

Baca Juga :
Kandungan Senyawa Pada Daun Binahong

Tanaman Obat Binahong Dengan Banyak Manfaat

Gambar
Binahong ( Anredera cordifolia) adalah salah satu tanaman obat yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Tanaman binahong ini diduga berasal dari amerika selatan yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi.

Binahong sangat terkenal di dataran Tiongkok, Korea dan Taiwan, sedangkan di asia tenggara binahong menjadi wajib dikonsumsi penduduk Vietnam saat melawan invansi dari amerika. Sedangkan di Indonesia tanaman ini masih cukup asing ditelinga kita.

Morfologi / Ciri-Ciri Tanaman Binahong
Binahong adalah tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), panjang tanaman bisa mencapai  ± 10 m.

Daun Binahong
Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata) atau dalam baha gaul berbentuk love, panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun cukup tebal, ujung runcing dengan pangkal berlekuk (emerginatus), tepirata, permukaan licin, bisa dimakan langsung akan terasa berlendir.

Batang Tanaman Bi…