Tabulampot Jeruk Kolomonde

Hallo sahabat tanpot semua, masih seputar tanaman tabulampot yang kini makin lama makin diminati oleh banyak orang, salah satunya saya dan sobat semua yang mampir ke artikel ini. Pada postingan kali ini admin mau mengabari kalau admin baru saja beli tanaman jeruk nih, varietasnya adalah jeruk kolomonde yang mana jeruk ini dapat dengan mudah berbuah di dalam pot atau polybag.


Nah kebetulan buat sobat yang hobi mengoleksi tanaman tabulampot bisa juga jeruk kolomonde ini menjadi pertimbangan untuk dikoleksi. Masalah perawatan jeruk ini cukup mudah dan dapat tumbuh baik serta berbuah di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.

Masalah harga? harganya juga murah, 1 bibit tanaman jeruk kolomonde hasil okulasi bernilai Rp.25-40rb tergantung daerah tempat sobat membeli, kalau didaerah saya malang harga pasaran jeruk kolomonde ini 20-25 rb.

Baca Juga : Tabulampot Jeruk Lemon

Berapa lama jeruk kolomonde bisa berbuah jika sudah ditanam?
Faktanya ya, jeruk kolomonde yang di jual oleh pedagang bibit rata-rata sudah pernah berbuah (walaupun tidak semua) bahkan jika sobat beruntung bisa membawa pulang bibit jeruk kolomonde yang sedang berbuah.

Kalau sobat beli bibit yang masih kecil mungkin tidak sampai 1 tahun sudah berbuah, yang penting perawatannya bagus, misal pemberian pupuk NPK 1 bulan sekali, rutin disiram dan gulma yang tumbuh di pot sering dicabuti.

Berapa Ukuran Pot/ Polybag Untuk Tabulampot
Kalau ukuran pot/polybag bisa disesuaikan dengan besar kecilnya tanaman, kalau tanaman tidak terlalu besar bisa menggunakan polybag atau pot diamter 20cm, kalau saya menggunakan plolybag dengan kapastias 28 liter. Apa bila tanaman sudah semakin besar pot/ polybag bisa diganti dengan yang lebih besar.

Foto-Foto Tabulampot Jeruk Kolomonde Punya Saya


Buahnya kebetulan kurang bagus, kena serangan hama. 
tangkai bekas di panen
ini gambar buah jeruk kolomonde yang masih kecil/mentil
ada juga yang masih mau berbunga
Owh iya, apa sih manfaat jeruk kolomonde? biasanya jeruk kolomonde ini buat wedang jeruk manis, buahnya berukuran seperti buah jeruk nipis namun struktur kulitnya seperti jeruk manis. Jadi bisa di panen ketika kulitnya sudah mulai berwarna oranye kekuningan.

Baca Juga : Menanam Tanaman Rosemary

Cara membuat wedang jeruk kolomonde sangat mudah, pertama ambil 1 buah jeruk terus di cuci bersih dan sigar tengah. Peras airnya dan dimasukkan kedalam gelas, tambahkan gula secukupnya dan tuangkan air panas. Bila sudah hangat bisa langsung di minum atau jika ingin minuman dingin bisa ditambahkan es batu, di jamin seger. Owh iya untuk rasa. berbeda ya sama jeruk nipis, jeruk kolomonde ini lebih manis dan kandungan airnya lebih banyak dari pada jeruk nipis.

Buat sobat yang ingin memiliki jeruk kolomonde bisa beli di tempat penjualan bibit tanaman buah, jika tidak tahu tempatnya atau malas keluar bisa pesan disaya, harga Rp.25 rb (akan saya usahakan sudah pernah berbuah atau sedang berbuah jika ada). Nanti akan di kirim melalui jasa kurir, khusus area jawa ya, untuk luar jawa ada harga khusus karena harus ada surat karantina. Sekian semoga bermnafaat dan sampai jumpa.

Menanam Tanaman Serai Sendiri di Rumah

Hallo teman-teman lama saya sudah tidak update lagi di blog ini, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan praktek menanam tanaman serai sendiri di pekarangan rumah. Barangkali sahabat yang mampir disini pingin tahu cara menanam tanaman ini.

Lepas dari berbagai macam jenis serai, seperti serai wangi dan serai untuk bumbu dapur, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada aroma, dan kegunannya. Karena saya kurang paham, jadi saya akan hanya fokus pada praktek menanam serai.

Bahan utama untuk menanam serai adalah bibit, kedua media tanam dan ketiga alat pendukung. Oke bibit bisa kita peroleh di pasar dan bisa juga memecah anakan serai dari induknya (kayak hewan aja ada induknya, hehehe).

Tanaman serai yang sudah pernah dipanen (lokasi di pekarangan rumah)
Cara memecah anakannya dengan menggali atau mencabut batang serai hingga akarnya ter ikut, gimana ya cara menjelaskannya ya? jadi bingung, intinya di pisah aja, bisa perhatikan gambar di bawah ini :
Contoh hasil pemisahan tanaman serai untuk dijadikan bibit
Hasilnya akan lebih bagus lagi kalau hasil cabutannya terdapat banyak akar seperti gambar di atas. Langkah ini perlu di ulang sampai jumlah bibit tercukupi, kalau saya ambil 3 aja sementara ini buat coba-coba saja.
Dari ketiga hasil cabutan yang sedikit akarnya paling kiri (untuk ditanam kurang bagus)
Jadi kalau mencabut serai untuk ditanam, usahakan akarnya banyak yang terikut, walaupun dapat yang akarnya sedikit tetap bisa dijadikan bibit serai.

Menanam serai dengan cara ini sangat mudah, bisa langsung ditanam dilahan yang sudah disediakan dan tinggal disiram air yang cukup. Namun tidak jarang juga bibit dari hasil cabutan mati jika ditanam di lahan kering yang ketersediaan air sedikit apalagi saat musim ke marau.

Ini disebabkan karena tanaman belum cukup kuat untuk hidup di lingkungan yang baru dengan kondisi perakaran baru dan stress akibat pencabutan.

Oleh sebab itu, untuk memastikan bibit serai tumbuh dan bertahan hidup di lahan yang baru, bibit serai ini jangan langsung ditanam di lahan, tetapi di tanam di polybag terlebih dahulu selanjutnya diletakkan ditempat yang teduh dengan disiram secukupnya.

Hal ini saya lakukan untuk memastikan bibit serai dapat tumbuh dan memiliki cukup banyak akar untuk dapat menopang kehidupannya dilahan yang baru kelak. Ce' ile bahasanya alay".  Untuk hasilnya bisa dilihat dibawah ini :

Botol kemasan untuk pengganti polybag
Salah satu upaya memanfaatkan botol bekas dengan cara menjadikannya sebagai pengganti polybag, jangan lupa untuk diberi lobang terlebih dahulu dibagian bawahnya ya, caranya dengan menggunakan  ujung pisau yang lancip.

Tak ada kayu, rotanpun jadi
Cara menanamnya, pertama isi terlebih dahulu dengan tanah, selanjutnya bagian bawah serai di masukkan kedalam polybag, tata sedemikian rupa perakarannya dan masukkan tanah hingga penuh dan terakhir disiram hingga media basah semua.

Hasilnya diletakkan ditepat yang teduh. 
Selama 1 minggu tanaman baru ini diletakkan ditempat yang teduh, hal ini dilakukan untuk mengurangi evapotranspirasi pada tanaman sehingga tanaman baru bisa hidup dan mempersiapkan diri dilingkungan yang baru.

Setelah 1 atau 2 minggu tanaman serai ini bisa langsung ditanam di lahan yang sudah disediakan, insyallah kemungkinan hidupnya sangat tinggi karena sudah memiliki perakaran yang lebih baik. Nanti setelah saya tanam dilahan akan saya update disini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Rosemary/Rosmarin

Kenalan Sama Kunyit Putih Yang Katanya Banyak Khasiatnya

Sebenarnya saya kenal dengan tanaman kunyit putih sudah 3 tahun yang lalu saat mencangkul di kebun belakang rumah dan tidak sengaja menemukan rimpang yang menyerupai jahe tetapi bukan tanaman jahe, setelah saya tanyakan ke tetangga ternyata ini adalah tanaman kunyit putih.

Kata mereka tanaman ini adalah tanaman jamu yang bisa digunakan sebagai obat herbal berbagai penyakit, karena saya tidak tahu cara memanfaatkannya jadi tidak saya hiraukan sampai tiga tahun berlalu.

Hari ini saya melihat kunyit putih lagi yang diambil oleh pak Jhito ditempat yang dulu awal saya bertemu dengan tanaman ini. Kali ini jumlahnya jauh lebih banyak, perkiraan ada 50kg kunyit putih yang diletakkan begitu saja diteras rumah.

Tumpukan kunyit putih di teras rumah

Bingung juga sih mau diapain, mau di jual? tidak tau mau dijual kemana. Ya dijual ke pasarlah? Sempat sih terfikir untuk membawanya kepasar, tetapi saya tidak pede mau jual langsung dan gak yakin ada yang mau beli.

Kalau ke tengkulak? Gak punya kenalan tengkulak yang mau ambil kunyit putih, setau saya produk pertanian yang laku di pasar itu biasanya produk tanaman pangan, bumbu ataupun rempah-rempah seperti jahe, bawang, kunir, temulawak dan lain-lain.

Bentuk tanaman kunyit putih ini sama persis dengan kunyit biasa yang warnanya oranye/kuning hanya saja yang membedakan adalah ukuran rimpang yang lebih besar seperti jahe gajah, dan berwarna putih di bagian tengahnya dengan ada warna kuning. Aroma dari kunyit putih sama dengan aroma kunyit biasa.

Mencari Tahu Manfaat Kunyit Putih
Seperti biasa admin akan melakukan studi literatur untuk mencari tahu apa saja manfaat dari kunyit putih berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan. Setelah berselancar dan mencari jurnal-jurnal yang berkaitan, akhirnya terdapat beberapa aspek penggunaan kunyit putih untuk kesehatan diantaranya sebagai antifungal, antiamebic, larvasida, antimikroba, antioksidan, antiplasmodial, antialergi, dan analgetik.

Bingung ? Saya juga bingung gimana cara jelasinnya, soalnya saya juga belum tau, tapi untuk kepuasan sobat akan saya coba pelajari dan jelaskan menggunakan cara penalaran dari orang awam seperti saya.

Berdasarkan article review oleh Muflikha Sofiana Putri dari Faculty of Medicine, Lampung University yang mengulas dan menghimpun jurnal penelitian tentang kunyit putih  berjudul WHITE TURMERIC (Curcuma zedoaria): ITS CHEMICAL SUBTANCE AND THE PHARMACOLOGICAL BENEFITS kunyit putih bermanfaat sebagai antijamur, antikanker, antimikroba, antioksidan, antialergi, larvasida, antiplasmodial dan analgetik.

Anti Jamur
Jamur adalah patogen yang juga menyerang manusia, contoh jamur kulit seperti panu adalah salah satu bentuk dari serangan bangsa jamur terhadap manusia. Senyawa kurkumin, curzerenone, zedoarone yang diperoleh dari Curcuma zedoaria (kunyit putih) efektif sebagai antijamur karena menghambat aktivitas jamur patogen termasuk strain jamur yang resisten terhadap amfoterisin B dan ketokonazol.

Anti Mikroba
Ekstrak petroleum eter, heksana, kloroform, aseton, dan etanol dari batang kunyit putih yang diuji terhadap Staphylococcus aureus, E. Coli, Corynebacterium amycolatum, Candida albicans menunjukkan aktivitas antimikroba yang baik.

Anti Kanker
Kunyit putih dapat membantu proses penyembuhan kanker karena mengandung senyawa seperti, ethyl pmethoxycinnamate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, flavonoid, dan demothxycurcumin yang didapatkan dari ekstrak ethanol kunyit putih.

Anti Oksidan 
Curcuma zedoaria memiliki kandungan antioxidan alami yaitu diferuloylmethan yang berasal dari minyak esensial rimpangnya. Minyak ini dapat digunakan dalam mencegah dan memperlambat proses penuaan yang berhubungan dengan penyakit degeneratif pada dosis 20 mg/ml.

Untuk penjelasan lainnya bisa sobat baca sendiri ya di jurnal aslinya pada link diatas, yang terpenting pada garis besarnya seperti yang saya jelaskan. Karena saya bingung dan gak paham lagi jadi sobat bisa langsung baca langsung di sumbernya.

Kandungan Senyawa Dalam Kunyit Putih 
Kunyit putih mengandung senyawa kimia kurkuminoid, RIP (Ribosome Inacting Protein), isocurcumenol, demothxycurcumin, bisdemothxycurcumin, epicurzerenone, curdione, dan ethyl pmethoxycinnamate yang berfungsi menonaktifkan perkembangan sel kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kunyit putih juga mengandung senyawa kimia seperti curzerenone, zedoaron, minyak atsiri, diferuloylmethan, flavonoid, kurkumin, trimethoxyflavone, tetramethoxyflavone, tetrahydrodemethoxycurcumin, dihydrocurcumin, dan polifenol yang bermanfaat secara farmakologis.

Gimana Cara Memanfaatkan Kunyit Putih?
Dari semua basa basi diatas akan menjadi sangat percuma jika kita tidak mengerti cara memanfaatkan kunyit putih untuk kepentingan pribadi ( endingnya untuk kesehatan sih).

Sebelumnya saya informasikan agar tidak salah paham, admin sendiri belum pernah membuat ramuan ini, jadi resep ini bisa dicoba dengan ketentuan sobat sudah siap dengan konsekuensinya yaitu tubuh bisa menjadi lebih sehat atau malah sebaliknya. Nanti jika admin ada waktu, akan mencoba sendiri dan akan sharing ke teman-teman. Hmmm admin juga tertarik pengobatan herbal soalnya.

Pertama siapkan beberapa rimpang kunyit putih, buat yang masih bingung rimpang itu apa, rimpang berdasarkan definisi botani adalah modifikasi batang tanaman yang tumbuh di bawah permukaan tanah, memiliki ruas dan bisa muncul tunas serta akar baru. Masih bingung juga, lihat gambar di bawah ini :

Ini foto rimpang kunyit putih dari kamera hp sendiri
Ambillah beberapa rimpangnya, kurang lebih 1ons atau jika sobat masih coba-coba membuat ramuan herbal kunyit putih bisa ambil sedikit dulu. Pertama cuci bersih dulu sampai tanah tidak menempel pada kulit rimpang.

Selanjutnya iris-iris tipis-tipis hingga habis, kemudian ambillah 4 gelas air putih lalu didihkan, saat mendidih masukkan irisan rimpang kunyit putih dan biarkan hingga tersisa air setengahnya (2 gelas) setelah itu diamkan dan saring. Jika sudah dingin bisa dimunum 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di sore hari. Sobat bisa menambahkan madu untuk menambah rasa manis pada jamu herbal ini.

Berdasarkan testimoni di internet banyak yang sembuh mengkonsumsi jamu kunyit putih dari penyakit asam lambung/maag, kanker dan lain-lain. Insyallah admin sendiri akan mencobanya, karena admin juga ingin sehat secara alami.

Buat yang masih penasaran aja, ini admin fotokan bagian tengah kunyit putih, barangkali bisa mengobati kepenasaran teman-teman. Admin udah gak penasaran, soalnya udah motong sendiri dan liat secara langsung, kalau sebelum dipotong ya admin juga penasaran hahaha.

Buat yang masih penasaran bagian tengah rimpang kunyit putih
Kunyit putih ini bagian tengahnya terdapat warna kuning, dan bagian terluanya putih seperti susu. Kalau baunya sih yang admin cium (eh kayak apa aja, bahasanya di cium) sama seperti kunyit pada umumnya dan ukurannya besar seperti jahe gajah. Tapi denger-denger ada kunyit putih yang berbau seperti mangga, nantilah kapan-kapan tak cari tau perbedaannya.

Atau sobat yang berkunjung di blog ini kebetulan ada yang mengerti perbedaannya, bisa sharing dong melalui komentar, atau ada juga sobat yang mengerti cara buat ramuan herbalnya dan pernah mengalami kesembuhan? ya sangat bisa untuk sharing bersama, nanti bila perlu saya edit artikel ini menjadi lebih kaya informasinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tanaman Jeruk Lemon di Polybag

Pagi ini saya teringat tanaman lemon yang saya tanam di kampung halaman, tepatnya di Pulau Bawean, lucunya sampai saat ini saya belum paham jenis lemon apa yang saya tanam, kok dulu gak kepikiran ya untuk nanya ke penjual bibitnya waktu beli, ah sudahlah nanti saja setelah ke temu penjual bibitnya. Owh iya buat sobat yang mungkin belum tau tanaman lemon ini banyak jenisnya loh, kalau istilah dalam dunia pertanian kultivar/varietas.

Biasanya setaip jenis tanaman memiliki karakteristik yang berbeda walaupun jenis tanamannya sama, seperti jambu biji ada varietas jambu sukun, getas merah, kristal dan lain-lain. Tanamannya sama tapi ada yang membedakan dari salah satu morfologinya.

Tanaman jeruk lemon, di depan rumah di tanam menggunakan polybag dengan media tanah galian
Saya beri contoh tanaman jambu biji lokal dengan jambu biji sukun merah memiliki perbedaan pada bentuk daunnya, buahnya, dan bijinya. Jambu biji sukun bentuk daunnya cenderung bulat dan daging buah tebal nyaris tanpa biji, sedangkan lokal daunnya cenderung lonjong dan di dalam buah terdapat banyak biji. Intinya sama dengan tanaman jeruk yang memiliki banyak jenis /varietas.

Barang kali ada yang masih penasaran dengan tanamn jambu biji sukun bisa baca atikel ini ya : Ciri Tanaman Jambu Biji Sukun Merah

Kembali lagi pada tanaman jeruk lemon, sebenarnya waktu itu saya membeli tanaman jeruk untuk dijual tetapi saya malah kesulitan untuk membawanya, akhirnya yang terbawa cuma 1 tanaman selain itu jeruk lemon di pulau bawean kurang diminati, ya sudah akhirya dijadikan tabulampot untuk penghijauan di pekarangan rumah, barangkali nanti kalau sudah berbuah ada yang berminat membelinya.

Informasi buat sobat yang tertarik memiliki tanaman jeruk lemon, tanaman ini mudah kita jumpai di toko bibit tanaman buah dengan harga yang relatif murah yaitu dengan harga 10K sampai 15K tergantung di daerah mana sobat membelinya dan ukuran tanamannya. Biasanya apabila sudah berbuah tanaman akan lebih mahal harganya.

Tanaman ini juga mudah sekali tumbuh dan berbuah walaupun ditanam di polybag, tetapi sayangnya tanaman saya belum berbuah, jadi tidak ada foto buahnya. Perbanyakan tanaman ini juga mudah loh,  jeruk lemon mudah dicangkok, jadi kalau memperbanyak tinggal dicangkok aja.

tanaman lemonnya belum berbuah, mungkin beberapa bulan lagi. 
Kendala dalam menanam tanaman lemon ini biasanya serangan hama berupa ulat yang memakan daun tanaman ini, hama ini muncul dari telur kupu-kupu yang berkembang menjadi ulat dan memakan daunnya.

Bisa dilihat ulat yang memakan daun. Ulat ini dapat merusak daun dan menurunkan nilai jual tanaman, oleh sebab itu perlu diatasi

Cara mengatasinya bisa langsung diambil aja telur dan ulatnya yang berada di tanaman (jika jumlah tanamannya cuma 1 atau 2) tetapi jika tanaman jumlahnya banyak bisa dengan insektisida agar lebih praktis.

Tapi perlu di ingat, penggunaan insektisida sintetis bisa menggangu kesehatan jika tidak menggunakannya dengan aman, opsi yang lain bisa menggunakan insektisida alami menggunakan ekstrak tanaman daun sirsat.

Ini daun muda tanaman lemon sebelum dimakan ulat, juga bisa kita perhatikan bentuk daun dan warna daunnya ada perbedaan dengan jenis jeruk yang lain. 
Kabar terbaru dari teman yang sarjana pertanian untuk menghindari serangan hama bisa menyemprotkan minyak goreng yang dicampur air ke tanaman, hal ini bisa menghindari hinggapan hama ke tanaman. Saya sendiri belum penah mencobanya, mungkin lain waktu saya akan mempraktekkannya. Tetapi jika Anda ingin mencobanya di rumah silahkan, barangkali berhasil.

Tanaman lemon memiliki duri di batangnya, sehingga sobat harus hati-hati bila memegang batang tanaman ini, dan juga perlu diperhatikan dari jangkaun anak-anak balita jangan sampai tertusuk durinya. Kalau mau lebih aman bisa dipagari saja.
Tanaman jeruk lemon memiliki duri yang banyak di batangnya, sedangkan tanaman jeruk keprok sedikit bahkan tanpa duri
Jika kita bandingkan dengan tanaman buah jeruk untuk konsumsi langsung, seperti jeruk keprok, dan jeruk siem dengan jeruk lemon, 2 jenis jeruk di atas nyaris tanpa duri, sedangkan lemon memiliki banyak duri. Walaupun begitu tanaman ini memiliki keunggulan lain yaitu lebih mudah berbuah dan diperbanyak.

Hal yang terpenting dalam menanam tanaman dilihat dari tujuannya, jika untuk penghijauan dan pemandangan mata tidak ada salahnya menanam lemon. Karena tanaman ini memiliki ke indahan bentuk tanamannya, dan dapat berbuah lebih cepat. Nanti kalau tanaman lemon saya berbuah akan di post di blog ini, jadi ditunggu aja.

Kalau sobat ingin tanaman ini, bisa pesan disaya, nanti akan saya kirim ke alamat sobat menggunakan kurir. Tenang, tanaman ini akan di tritmen dulu sebelum dikirim sehingga tanaman akan tetap hidup sampai tujuan, jika mati ? ya digaransi dengan pengiriman ulang. Selain itu saya juga sudah berpengalaman mengirim tanaman.

Buat sobat yang punya hobi menanam tanaman juga boleh shareng-sharing atau berkenan untuk menjadi penulis diblog ini. Saya senang bisa berbagi dan sharing dengan orang lain. Cukup sampai disini dulu sharing dari saya, semoga bermanfaat dan apabila ada saran atau kritik silahkan untuk berkomentar ya.

Praktek Menanam Tanaman Rosemary di Rumah

Tanaman rosemary adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan bisa juga digunakan sebagai bumbu dapur. Penggunaan tanaman ini masih cukup asing di Indonesia namun sangat populer di dataran laut tengah seperti pada masakan Italia, Turki dan daerah Leventia.

Rosemary banyak memiliki manfaat untuk manusia, misal untuk tambahan bumbu dapur, sebagai minuman kesehatan dengan dijadikan teh, tanaman pengusir serangga seperti nyamuk dan hama, serta untuk menjaga kesehatan mata.

Masak iya? Berdasarkan studi literatur yang admin lakukan ternyata memang banyak manfaat menanam tanaman rosemary. Berikut ini ulasannya berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh ilmuan dengan objek tanaman rosemary.

Tanaman rosemary dipekarangan rumah
Rosemary Untuk Proteksi Hinggapan Nyamuk
Tanaman ini memiliki aroma yang khas dan siapa yang sangka ternyata aromanya dapat memproteksi kulit dari hinggapan nyamuk. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Devy pada tahun 2008 dalam jurnal yang berjudul Efek Repellent Ekstrak Daun Rosemary (Rosmarinus officinalis) Terhadap Nyamuk Aedes sp. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Pemberian ekstrak daun rosemary terbukti mempunyai daya proteksi menolak hinggapan nyamuk Aedes sp.

Hal ini bisa sobat manfaatkan, apabila di lingkungan atau rumah sobat terdapat banyak nyamuk cobalah untuk menanam tanaman rosemary di sekeliling rumah, bisa jadi nyampuk akan malas masuk kedalam rumah karena aroma tanaman rosemary.

Daun Rosemery Meningkatkan Kesehatan Mata
Kandungan asam carnosic di tanaman rosemery dapat melindungi retina mata dari degenerasi dan toksisitas hal ini dibuktikan dengan studi ilmiah yang dilaporkan dalam Journal Investigative Ophthalmology & Visual Science.

Cara memanfaatkan tanaman rosemary untuk kesehatan mata dengan cara mengkonsumsinya, misal dengan dijadikan bahan tambahan untuk masakan, atau dijadikan minumat seduh seperti membuat teh.

Selain keunggulan diatas, ternyata tanaman rosemery juga mampu mengusir lalat loh, berdasarkan jurnal yang diterbitkan litbang pertanian, minyak atsiri dari tanaman rosemery memiliki sifat pengusir lalat. Jadi jika banyak lalat dirumah, sobat bisa mencoba mengusirnya dengan menanam tanaman rosemary.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat-manfaat yang akan didapatkan sobat dengan menanam tanaman ini dipekarangan rumah. Sekarang saya akan membahas bagaimana cara menanam tanaman rosemary.

Cara Menanam Tanaman Rosemary Berdasarkan Pengalaman Pribadi
Awal perkenalan admin dengan tanaman ini ketika sedang melaksanakan program kerja HMJ Agroteknologi, yaitu membimbing adek kelas untuk melaksanakan magang ditempat-tempat yang sudah ditentukan dan kebetulan saya ditempatkan disalah salah satu alumni kampus saya.

Singkat cerita saya diperkenalkan beliau dengan tanaman rosemary, kata beliau tanaman rosemary ini adalah tanaman bumbu untuk masakan yang memiliki banyak manfaat dan beraroma sedap, biasanya yang memanfaatkan tanaman ini untuk masakan di restoran-restoran besar.

Karena saya masih asing dengan tanaman ini kurang tertarik untuk menanamnya sendiri, akhirnya hingga program magang selesai saya tidak mengoleksi tanaman ini. Tapi satu informasi penting yang saya peroleh dari tanaman rosemery adalah cara perbanyakan tanaman ini sangat mudah yaitu dengan stek batang.

Pada tahun 2017 admin membeli bibit kelengkeng dan bibit alpukat tanpa biji disuatu toko bibit tanaman buah dan ternyata admin diberikan bonus tanaman rosemary. Seketika melihat tanaman ini jadi teringat saat magang. Istri dan Ibu saya saja tidak tahu kalau tanaman ini adalah tanaman bumbu dan obat malah dikira rumput liar sama mereka. Ya saya jelaskan kepada mereka bahwa tanaman rosemary ini adalah tanaman obat sekalibus bumbu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apabila sobat ingin menanam tanaman rosemery, caranya sangat mudah. Tanaman rosemary bisa diperbanyak dengan cara stek batang. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Siapkan tanaman rosemary yang sudah memiliki banyak ranting atau batang, kemudian ambilah beberapa dengan cara digunting atau dipotong menggunakan cutter. Ingat pilihlah tangkai yang sudah berwarna coklat dibagian bawahnya. 
  2. Siapkan polybag (bisa juga menggunakan gelas aqua bekas yang dilobangi bagian bawahnya) dan isi dengan tanah yang gebur.
  3. Tancapkan tangkai/ranting tanaman rosemary yang tadi sudah disiapkan kedalam tanah hingga batang bagian bawah terbenam cukup dalam. 
  4. Letakkan di tempat yang teduh selama 1-2 minggu dan jangan lupa di siram 1 kali sehari, selanjutnya lihatlah akar putih mulai terlihat di dinding pot gelas plastik setelah 1-2 minggu penyetekan. 

Jika akar sudah keluar banyak sobat bisa memindahkan tanaman rosemery di pot yang lebih besar dan silahkan diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh. Cara ini sudah admin lakukan dan berhasil.

Tanaman rosemary ini dari hasil stek batang yang admin praktekkan, sudah muncul akar dan muncul cabang baru.
Ada cara lain untuk menanam tanaman rosemary yaitu dengan cara menanamnya langsung dari benih dan mencangkoknya, tetapi 2 cara ini belum pernah admin lakukan, dan menurut pengalaman sahabat yang sudah mencobanya banyak  yang tidak berhasil tumbuh dengan menanam langsung dari benih.

Sedangkan cangkok memiliki kemungkinan tumbuh yang tinggi tetapi menurut admin kurang praktis dan merepotkan, kenapa harus pilih yang ribet jika ada cara yang lebih mudah dan praktis yaitu dengan menyeteknya.

Apabila sobat belum punya bibit tanaman rosemary, sobat bisa membelinya dengan mudah ditoko tanaman online. Semoga artikel praktek menanam tanaman rosemary bermanfaat. Jika ada kritik dan saran untuk meningkatkan kualitas informasi yang admin sajikan jangan sungkan-sungkan ya untuk menghubungi admin melalui kolom komentar atau kontak kami. Admin ucapkan terimakasih sudah berkunjung.

Daun Binahong Untuk Mengobati Luka Diabet

Daun binahong terkenal dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan, salah satu khasiat binahong adalah untuk pengobatan luka pada penderita diabetes. Diabet adalah penyakit yang disebabkan kadar gula dalam tubuh tidak terkendali secara normal sehingga dapat merusak organ tubuh yang lain apabila tidak segera diatasi.

Penderita diabet harus selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu prima dan menghidari sebisa mungkin hal-hal yang dapat menjadikan tubuh terluka, sebab apabila organ tubuh terluka akan cukup lama dan sulit untuk sembuh.

Foto daun binahong di pekarangan rumah saya

Hal ini disebabkan sistem recovery tubuh sudah tidak normal. Namun apabila sudah terlanjur luka jangan sampai dibiarkan terlalu lama dan harus segera mendapat penanganan dengan cara diobat agar tidak infeksi.

Salah satu ramuan alami untuk membantu pemulihan luka pada penderita diabet adalah daun binahong, hal ini karena binahong mengandung senyawa yang dapat membantu menutup luka pada penderita diabet.

Baca Juga :
Kandungan Senyawa Pada Daun Binahong
Cara Menanam Tanaman Binahong

Apakah cara ini benar-benar bisa? Saya tidak bisa menjamin tapi kemungkinan sembuh ada dan Anda tidak akan rugi bila mencobanya karena tanpa efeksamping sebab daun binahong adalah ramuan tradisional.

Penelitian tentang pengobatan penyembuhan luka bagi penderita diabet sudah mulai dilakukan, walaupun sampai saat ini untuk objek penelitiannya adalah tikus putih, namun dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari daun binahong mampu mempercepat penyembuhan luka pada tikus putih yang menderita diabet.

Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Nurtika (2017) Uji Antidiabetik Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) Pada Tikus Putih jantan Galur Wistar (Rattus novergicus) yang Diinduksi Aloksan dan (Kintoko, dkk., 2017) Pengaruh Kondisi Diabetes pada Pemberian Topikal Fraksi Daun Binahong dalam Proses Penyembuhan Luka Menunjukkan bahwa pemberian binahong pada luka diabet dapat mempercepat proses penyebuhan.

Lalu bagaimana cara menggunakan binahong? Ada dua cara mudah menjadikan tanaman binahong sebagai ramuan tradisional untuk penderita diabet, pertama dengan mengolah daunnya menjadi minuman atau kapsul ekstrak tanaman binahong dan yang kedua dengan menumbuk daun binahong hingga lembut dan berlendir lalu dibalurkan pada area luka selanjutnya diamkan hingga mengering.

Admin sendiri sering menggunakan daun binahong untuk mengobati luka karena jatuh atau terkena sayatan benda tajam. Selain itu juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah bila digunkan sebagai masker.

Namun, jika Anda tidak ingin repot membuat ramuan binahong atau kesulitan dalam mendapatkan tanaman binahong, saat ini sudah ada di pasaran kapsul ekstrak daun binahong yang dapat mempermudah Anda dalam memperoleh ramuan daun binahong.

Saran saya Anda coba menanam tanaman binahong di pekarangan rumah Anda, karena tanaman ini mudah tumbuh dan tidak memakai lahan yang luas. Anda juga bisa menanamnya menggunakan pot.

Keuntungan bila Anda menanam binahong bila sewaktu-waktu keluarga atau tetangga Anda membutuhkannya dapat dengan mudah memperoleh dari tanaman Anda, hitung-hitung sedekah kepada sesama.

Sebelumnya Admin minta maaf karena foto-foto untuk pembuatan ramuan daun binahongnya belum sempat diambil, nanti jika ada kesempatan akan admin tambahkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba dirumah.

Tanaman Obat Binahong Dengan Banyak Manfaat

Binahong ( Anredera cordifolia) adalah salah satu tanaman obat yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Tanaman binahong ini diduga berasal dari amerika selatan yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi.

Binahong sangat terkenal di dataran Tiongkok, Korea dan Taiwan, sedangkan di asia tenggara binahong menjadi wajib dikonsumsi penduduk Vietnam saat melawan invansi dari amerika. Sedangkan di Indonesia tanaman ini masih cukup asing ditelinga kita.

Tanaman binahong menjalar di tiang telepon samping rumah
Morfologi / Ciri-Ciri Tanaman Binahong
Binahong adalah tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), panjang tanaman bisa mencapai  ± 10 m.

Daun Binahong
Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata) atau dalam baha gaul berbentuk love, panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun cukup tebal, ujung runcing dengan pangkal berlekuk (emerginatus), tepirata, permukaan licin, bisa dimakan langsung akan terasa berlendir.
Daun tanaman binahong berbentuk jantung, tangkai daun pendek, cukup tebal dan bisa langsung dimakan

Batang Tanaman Binahong
Batang binahong lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, sering muncul semacam rimpang/umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar, biasanya muncul ditanaman binahong dewasa.

Berwarna merah sebagian hijau dan muncul semacam umbi atau ripang yang dapat ditanam menjadi bibit tanaman binahong

Akar: berbentuk rimpang, berdaging lunak

Bunga Tanaman Binahong
Bunga: majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum.
Foto bunga binahong lebih dekat

Daun tanaman binahong berwarna putih
Cara Menanam Tanaman Binahong
Tanaman binahong tergolong tanaman yang mudah dibudidayakan karena dapat tumbuh dengan mudah. Perbanyakan tanaman binahong paling mudah menggunakan rimpang atau tunas yang ada di batang yang sudah memiliki beberapa daun. Adapun cara menanamnya sebagi berikut: 

Pertama siapkan ploybag atau gelas platik bekas air mineral, kemudian lubangi bagian bawah untuk saluran air agar tidak mengendap dipot. Isilah polybag atau gelas plastik dengan tanah dan ambilah rimpang binahong yang biasanya muncul di batang, kemudian tanamlah rimpang yang tadi sudah disiapkan. Selanjutnya letakkan ditempat yang teduh selama 1 minggu dengan peyiraman 1 kali sehari.

Tanaman binahong muda yang saya tanam menggunakan rimpang batang sudah mulai tumbuh daun, usia 2 minggu dan sudah siap dengan pencahayaan matahari penuh. 
Jika daun baru sudah mulai muncul Anda bisa memindahkan tanaman ke ploybag atau pot yang lebih besar, bisa juga langsung ditanam ditanah dan jangan lupa diberi lanjaran/ajir. 

Kandungan Daun Binahong Yang Berkhasiat
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. (Astuti, dkk., 2011) menunjukkan bahwa tumbuhan binahong mengandung senyawa fenol, flavonoid, saponin, triterpenoid, steroid dan alkaloid. Selain itu Sanarto, dkk., (2010) juga menyatakan bahwa daun binahong berpotensi sebagai antioksidan alami karena mengandung asam askorbat (vitamin C) dan total fenol yang cukup tinggi.

Saponin adalah salah satu dari metabolit sekunder banyak ditemukan dalam sumber-sumber alami seperti tanaman, manfaat atau kegunaan saponin untuk tubuh adalah untuk mengikat kolestrol dalam darah dan antiseptik. Alkaloid adalah senyawa alami yang ditemukan dalam semua sayuran termasuk nitrogen dan dianggap zat disintegrasi yang terdiri dari protein. Flavonoid termasuk senyawa fenolik
alam yang berpotensi sebagai antioksidan. 

Khasiat Utama Binahong 
1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segalaluka-luka dalam, radang usus.
2. Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
3. Mencegah stroke, maag, asam urat.
4. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
5. Wazir (ambeien)
6. Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
7. Diabetes dan lain-lain.

Cara Memanfaatkan Binahong Untuk Tanaman Obat
Daun binahong dapat langsung dimakan dengan dikunyah  hingga halus, atau rebus bersama air kemudian diminum dengan ampasnya dan bisa juga dengan cara  di jus (diblender). Daun binahong memiliki khasiat sebagai berikut : 

Kategori penyakit berat 
1. batuk / muntah darah : 10 lembar daun ini diminum setiap hari.
2. kencing manis: 11 lembar setiap hari.
3. Borok akut yang menahun: 12 lembar setiap hari
4. paru-paru bolong: 10 lembar setiap hari.
5. Patah tulang: 10-20 lembar setiap hari 
6. Darah rendah: 8 lembar setiap hari 
7. Radang ginjal: 7 lembar setiap hari 
8. Segala macam gatal-gatal atau eksim kulit: 9 lembar setiap hari
9. Gejala liver: 10 lembar setiap hari
10. Gegar otak ringan atau berat: 10-15 lembar setiap hari

Kategori penyakit berat seperti yang ditersebutkan diatas dibutuhkan waktu penyembuhan 1 hingga 6 bulan. disarankan untuk bersabar selama pengobatan meminum obat ini tiap hari.

Kategori penyakit ringan
1. Disentri atau buang air besar: 10 lembar daun ini diminum setiap hari
2. Ambein hingga berdarah: 16 lembar setiap hari
3. Luka bakar: 10 lembar setiap hari
4. Hidung mimisan (berdarah): 4 lembar setiap hari
5. Habis bedah operasi: 20 lembar setiap hari
6. Luka akibat kecelakaan / benda tajam: 10 lembar setiap hari
7. Jerawat: 8 lembar setiap hari
8. Usus bengkak: 3 lembar setiap hari
9. Gusi berdarah: 4 lembar setiap hari
10. Kurang nafsu makan: 5 lembar setiap hari 
11. Melancarkan haid: 3 lembar setiap hari (diminum selama masa haid)
12. Habis bersalin (melahirkan): 7 lembar diminum tiap hari selama 10 hari
13. Menjaga stamina tubuh agar tetap sehat: 1 lembar setiap hari selamanya
14. Penghangat badan: 5 lembar setiap hari
15. Lemah syahwat: 3 lembar setiap hari atau 10 lembar setiap minum dicampur madu.

Kategori penyakit ringan seperti diatas dibutuhkan pengobatan beberapa hari atau minggu. untuk anak-anak cukup berikan takaran separuh dewasa. 

Contoh Cara Penyajian Ramuan Binahong yang dapat dilakukan sendiri :

1. Cara paling mudah memanfaatkan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagai campuran saat memasak mi instan dan dimakan langsung sebagai lalapan. Jangan lupa untuk mencuci daun binahong terlebih dahulu di air yang mengalir hingga besih. 

2. Pemakaian luar: daun dan batang ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

3. Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambah kansedikit sereh atau gula batu bila suka.

4. Daun, akar, dan batangnya digunakan sebagai obat. Dapat memulihkan stamina yang loyo, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Pemakaian dalam: umbi binahong dicuci bersih, direbus, saring airnya. Minum 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, tifus. Bisa juga akar dikeringkan, ditumbuk halus, masukkan ke dalam kapsul, lalu diminum 3 kali sehari.

5. Menghilangkan jerawat, flek hitam dan menghaluskan serta mencerahakan wajah. Ambillah daun binahong secukupnya lalu, tumbuk hingga halus dan gunakanlah sebagai masker. Diamkan hingga 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan setiap mau tidur dan dipagi hari sebelum beraktifitas selama 1 minggu dan buktikan hasilnya. 

Semoga artikel tanaman obat binahong ini bermanfaat untuk Anda pembaca, jika ada saran atau kritikan yang membangun silahkan berkomentar dibawah. Sampai jumpa dan selamat mencoba. 

Tabulampot Jeruk Kolomonde

Hallo sahabat tanpot semua, masih seputar tanaman tabulampot yang kini makin lama makin diminati oleh banyak orang, salah satunya saya dan s...