--> Skip to main content

Pengertian Amplifikasi (Biologi Molekuler)

Pengertian Amplifikasi (Biologi Molekuler)
Replikasi DNA
Mencari pengertian Amplifikasi  di google hanya dengan menegetikkan kata kunci amplifikasi saja ternyata yang muncul ulasan tetang Aplikasi (hal ini mungkin hanya muncul di komputer saya, dan tidak tau jika di komputer sobat). Tidak habis akal akhirnya saya menuliskan kata kunci Amplifikasi DNA dan hasilnya taraaaa muncullah apa yang saya cari. 

Berdasarkan apa yang saya baca pada buku biologi molekuler di bagian glossary pengertian Aplifikasi adalah reaksi untuk meningkatkan jumlah salinan urutan DNA. Kalau secara in vivo dengan memasukkan kedalam vector cloning yang bereplikasi dalam sel inang. Sedangkan bila secara in Vitro maka menggunakan teknik polymerase chain reaction (PCR). 

Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia, arti kata amplifikasi adalah pembesaran, perluasan, atau pengembangan (tentang jumlah, kepentingan, dan sebagainya). Kalau dalam dunia biologi molekuler amplifikasi ini berarti sebuah proses untuk meningkatkan jumlah salinan DNA.

Kalau masih bingung kalimat sederhananya amplifikasi adalah suatu proses yang dapat menggandakan atau mereplikasi suatu DNA yang semulanya sedikit (bisa 1 atau 2 dan seterusnya) bisa menjadi banyak atau berlipat ganda hingga 10 kali lipat. Umumnya alat yang digunakan adalah mesin PCR. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar