--> Skip to main content

Pengertian Tabulampot

Tabulampot merupakan kepanjangan dari tanaman tumbuh dalam pot yang berarti tumbuhan yang budidayakan didalam pot yang tujuannya untuk hiasan ataupun untuk di produksi buahnya. Dalam dunia akademisi tabulampot merupakan teknologi budidaya tanaman dengan memanfaatkan ruangan yang terbatas untuk menumbuhkan tanaman yang produktif didalam pot. 

Sebenarnya tabulampot ini telah lama dikembangkan dan sudah dimanfaatkan oleh banyak orang terutama diperkotaan untuk taman pekarangan yang menyejukkan bahkan tidak jarang juga dimanfaatkan untuk memproduksi bauh dalam sekala rumah tangga.


Tanaman buah, sayuran dan panganpun dapat dibudidaya dalam pot hingga dapat di produksi, jadi tidak ada batasan bahwa tabulampot hanya untuk tanaman buah. 

Umumnya tanaman yang dibudidaya dalam pot adalah tanaman buah dan sayuran seperti buah jeruk, sawo, jambu air dan lain-lain. Sedangkan pada sayuran biasanya cabe rawit, terong, seledri dan lainnya.

Hal Penting Mendukung Dalam Tabulampot
Hal yang menunjang dalam budidaya tanaman dalam pot adalah media tanam dalam pot, bibit yag digunakan dan perawatan yang meliputi penyiraman, perlindungan dari hama penyakit dan pemberian nutrisi atau unsur hara tanaman agar dapat berbuah baik.

Bibit 
Penentuan bibit yang akan ditanam adalah hal pertama yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman dalam pot, sebab bibit tanaman tertentu mensyaratkan media khusus agar dapat tumbuh optimal dan baik.

Tanaman buah yang akan di budidayakan dalam pot seperti jambu dan sawo sebaiknya berasal dari bibit yang di perbanyak secara vegetatafi seperti cangkok sebab tidak memiliki perakaran tunggang dan sifat akar yang labih terbuka sehingga cocok di tanam dalam pot.

Pilihlah bibit yang sehat dan kultivar unggul (orang biasanya menyebutnya varietas) agar nanti memiliki ketahahan yang baik dari penyakit serta lingkungan dan buahnya nanti akan seperti yang di harapkan. 

Media
Setelah tanaman sudah ditentukan maka sekarang penentuan media tanam yang tepat dan sesuai dengan syarat tumbuh jenis tanaman yang Anda budidaya. Umunya media tabulampot adalah campuran tanah, kompos atau pupuk kandang dan skam padi. Beberapa orang menambahkan dolomit untuk meningkatkan kadar keasaman tanaman.  Adapun penjelasan mengenai media tanam yang lebih rinci insya@ akan kami posting di artikel khusus pada blog ini.

Perawatan 
Ketika tanaman telah tumbuh dalam pot maka tugas Anda terakhir adalah merawatnya agar tumbuh subur menjadi tanaman yang kuat dan berbuah dengan cepat. Banyak orang yang mengeluh salah satunya adalah paman saya yang mengeluhkan tanaman mangganya dalam potnya yang hanya tumbuh daun lebat tapi tidak berbuah. Hal ini juga menajadi masalah yang harus dapat diatasi, oleh sebab itu peran perawatan amat penting dalam proses pembuahan tanaman dalam pot. 

Saya rasa cukup sekian artikel pengantar atau pembuka dalam blog tanpot.blogspot.com ini, insya@ akan banyak hal yang akan saya share dalam blog ini yang khusus memabahas budidaya tanaman dalam pot dan mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk Anda penggemar tabulampot. Terimakasih dan sampai jumpa.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar