--> Skip to main content

Tanaman Jeruk Lemon di Polybag

Pagi ini saya teringat tanaman lemon yang saya tanam di kampung halaman, tepatnya di Pulau Bawean, lucunya sampai saat ini saya belum paham jenis lemon apa yang saya tanam, kok dulu gak kepikiran ya untuk nanya ke penjual bibitnya waktu beli, ah sudahlah nanti saja setelah ke temu penjual bibitnya. Owh iya buat sobat yang mungkin belum tau tanaman lemon ini banyak jenisnya loh, kalau istilah dalam dunia pertanian kultivar/varietas.

Biasanya setaip jenis tanaman memiliki karakteristik yang berbeda walaupun jenis tanamannya sama, seperti jambu biji ada varietas jambu sukun, getas merah, kristal dan lain-lain. Tanamannya sama tapi ada yang membedakan dari salah satu morfologinya.

Tanaman jeruk lemon, di depan rumah di tanam menggunakan polybag dengan media tanah galian
Saya beri contoh tanaman jambu biji lokal dengan jambu biji sukun merah memiliki perbedaan pada bentuk daunnya, buahnya, dan bijinya. Jambu biji sukun bentuk daunnya cenderung bulat dan daging buah tebal nyaris tanpa biji, sedangkan lokal daunnya cenderung lonjong dan di dalam buah terdapat banyak biji. Intinya sama dengan tanaman jeruk yang memiliki banyak jenis /varietas.

Barang kali ada yang masih penasaran dengan tanamn jambu biji sukun bisa baca atikel ini ya : Ciri Tanaman Jambu Biji Sukun Merah

Kembali lagi pada tanaman jeruk lemon, sebenarnya waktu itu saya membeli tanaman jeruk untuk dijual tetapi saya malah kesulitan untuk membawanya, akhirnya yang terbawa cuma 1 tanaman selain itu jeruk lemon di pulau bawean kurang diminati, ya sudah akhirya dijadikan tabulampot untuk penghijauan di pekarangan rumah, barangkali nanti kalau sudah berbuah ada yang berminat membelinya.

Informasi buat sobat yang tertarik memiliki tanaman jeruk lemon, tanaman ini mudah kita jumpai di toko bibit tanaman buah dengan harga yang relatif murah yaitu dengan harga 10K sampai 15K tergantung di daerah mana sobat membelinya dan ukuran tanamannya. Biasanya apabila sudah berbuah tanaman akan lebih mahal harganya.

Tanaman ini juga mudah sekali tumbuh dan berbuah walaupun ditanam di polybag, tetapi sayangnya tanaman saya belum berbuah, jadi tidak ada foto buahnya. Perbanyakan tanaman ini juga mudah loh,  jeruk lemon mudah dicangkok, jadi kalau memperbanyak tinggal dicangkok aja.

tanaman lemonnya belum berbuah, mungkin beberapa bulan lagi. 
Kendala dalam menanam tanaman lemon ini biasanya serangan hama berupa ulat yang memakan daun tanaman ini, hama ini muncul dari telur kupu-kupu yang berkembang menjadi ulat dan memakan daunnya.

Bisa dilihat ulat yang memakan daun. Ulat ini dapat merusak daun dan menurunkan nilai jual tanaman, oleh sebab itu perlu diatasi

Cara mengatasinya bisa langsung diambil aja telur dan ulatnya yang berada di tanaman (jika jumlah tanamannya cuma 1 atau 2) tetapi jika tanaman jumlahnya banyak bisa dengan insektisida agar lebih praktis.

Tapi perlu di ingat, penggunaan insektisida sintetis bisa menggangu kesehatan jika tidak menggunakannya dengan aman, opsi yang lain bisa menggunakan insektisida alami menggunakan ekstrak tanaman daun sirsat.

Ini daun muda tanaman lemon sebelum dimakan ulat, juga bisa kita perhatikan bentuk daun dan warna daunnya ada perbedaan dengan jenis jeruk yang lain. 
Kabar terbaru dari teman yang sarjana pertanian untuk menghindari serangan hama bisa menyemprotkan minyak goreng yang dicampur air ke tanaman, hal ini bisa menghindari hinggapan hama ke tanaman. Saya sendiri belum penah mencobanya, mungkin lain waktu saya akan mempraktekkannya. Tetapi jika Anda ingin mencobanya di rumah silahkan, barangkali berhasil.

Tanaman lemon memiliki duri di batangnya, sehingga sobat harus hati-hati bila memegang batang tanaman ini, dan juga perlu diperhatikan dari jangkaun anak-anak balita jangan sampai tertusuk durinya. Kalau mau lebih aman bisa dipagari saja.
Tanaman jeruk lemon memiliki duri yang banyak di batangnya, sedangkan tanaman jeruk keprok sedikit bahkan tanpa duri
Jika kita bandingkan dengan tanaman buah jeruk untuk konsumsi langsung, seperti jeruk keprok, dan jeruk siem dengan jeruk lemon, 2 jenis jeruk di atas nyaris tanpa duri, sedangkan lemon memiliki banyak duri. Walaupun begitu tanaman ini memiliki keunggulan lain yaitu lebih mudah berbuah dan diperbanyak.

Hal yang terpenting dalam menanam tanaman dilihat dari tujuannya, jika untuk penghijauan dan pemandangan mata tidak ada salahnya menanam lemon. Karena tanaman ini memiliki ke indahan bentuk tanamannya, dan dapat berbuah lebih cepat. Nanti kalau tanaman lemon saya berbuah akan di post di blog ini, jadi ditunggu aja.

Kalau sobat ingin tanaman ini, bisa pesan disaya, nanti akan saya kirim ke alamat sobat menggunakan kurir. Tenang, tanaman ini akan di tritmen dulu sebelum dikirim sehingga tanaman akan tetap hidup sampai tujuan, jika mati ? ya digaransi dengan pengiriman ulang. Selain itu saya juga sudah berpengalaman mengirim tanaman.

Buat sobat yang punya hobi menanam tanaman juga boleh shareng-sharing atau berkenan untuk menjadi penulis diblog ini. Saya senang bisa berbagi dan sharing dengan orang lain. Cukup sampai disini dulu sharing dari saya, semoga bermanfaat dan apabila ada saran atau kritik silahkan untuk berkomentar ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar