--> Skip to main content

Tabulampot Jeruk Kolomonde

Hallo sahabat tanpot semua, masih seputar tanaman tabulampot yang kini makin lama makin diminati oleh banyak orang, salah satunya saya dan sobat semua yang mampir ke artikel ini. Pada postingan kali ini admin mau mengabari kalau admin baru saja beli tanaman jeruk nih, varietasnya adalah jeruk kolomonde yang mana jeruk ini dapat dengan mudah berbuah di dalam pot atau polybag.


Nah kebetulan buat sobat yang hobi mengoleksi tanaman tabulampot bisa juga jeruk kolomonde ini menjadi pertimbangan untuk dikoleksi. Masalah perawatan jeruk ini cukup mudah dan dapat tumbuh baik serta berbuah di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.

Masalah harga? harganya juga murah, 1 bibit tanaman jeruk kolomonde hasil okulasi bernilai Rp.25-40rb tergantung daerah tempat sobat membeli, kalau didaerah saya malang harga pasaran jeruk kolomonde ini 20-25 rb.

Baca Juga : Tabulampot Jeruk Lemon

Berapa lama jeruk kolomonde bisa berbuah jika sudah ditanam?
Faktanya ya, jeruk kolomonde yang di jual oleh pedagang bibit rata-rata sudah pernah berbuah (walaupun tidak semua) bahkan jika sobat beruntung bisa membawa pulang bibit jeruk kolomonde yang sedang berbuah.

Kalau sobat beli bibit yang masih kecil mungkin tidak sampai 1 tahun sudah berbuah, yang penting perawatannya bagus, misal pemberian pupuk NPK 1 bulan sekali, rutin disiram dan gulma yang tumbuh di pot sering dicabuti.

Berapa Ukuran Pot/ Polybag Untuk Tabulampot
Kalau ukuran pot/polybag bisa disesuaikan dengan besar kecilnya tanaman, kalau tanaman tidak terlalu besar bisa menggunakan polybag atau pot diamter 20cm, kalau saya menggunakan plolybag dengan kapastias 28 liter. Apa bila tanaman sudah semakin besar pot/ polybag bisa diganti dengan yang lebih besar.

Foto-Foto Tabulampot Jeruk Kolomonde Punya Saya


Buahnya kebetulan kurang bagus, kena serangan hama. 
tangkai bekas di panen
ini gambar buah jeruk kolomonde yang masih kecil/mentil
ada juga yang masih mau berbunga
Owh iya, apa sih manfaat jeruk kolomonde? biasanya jeruk kolomonde ini buat wedang jeruk manis, buahnya berukuran seperti buah jeruk nipis namun struktur kulitnya seperti jeruk manis. Jadi bisa di panen ketika kulitnya sudah mulai berwarna oranye kekuningan.

Baca Juga : Menanam Tanaman Rosemary

Cara membuat wedang jeruk kolomonde sangat mudah, pertama ambil 1 buah jeruk terus di cuci bersih dan sigar tengah. Peras airnya dan dimasukkan kedalam gelas, tambahkan gula secukupnya dan tuangkan air panas. Bila sudah hangat bisa langsung di minum atau jika ingin minuman dingin bisa ditambahkan es batu, di jamin seger. Owh iya untuk rasa. berbeda ya sama jeruk nipis, jeruk kolomonde ini lebih manis dan kandungan airnya lebih banyak dari pada jeruk nipis.

Buat sobat yang ingin memiliki jeruk kolomonde bisa beli di tempat penjualan bibit tanaman buah, jika tidak tahu tempatnya atau malas keluar bisa pesan disaya, harga Rp.25 rb (akan saya usahakan sudah pernah berbuah atau sedang berbuah jika ada). Nanti akan di kirim melalui jasa kurir, khusus area jawa ya, untuk luar jawa ada harga khusus karena harus ada surat karantina. Sekian semoga bermnafaat dan sampai jumpa.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar