--> Skip to main content

Jumlah Buah Tomat Per Tanaman


Berapa sih jumlah buah tomat pertanaman? Jika pertanyaannya seperti ini rasanya cukup sulit untuk di jawab, sebab jumlah buah tomat bergantung pada beberapa faktor seperti varietasnya, ukuran buahnya, tehnik budidayanya dan pertumbuhan tanaman tomat itu sendiri.

Jadi tidak ada patokan kongkrit berapa jumlah buah tomat dalam satu pohon atau tanaman. Dari pada bingung akan saya carikan contoh realnya berdasarkan salah satu faktor diatas (ukuran buah). Misalkan untuk buah tomat jumbo 1 kg berisi 3 buah tomat, kita analogikan bahwa 1 tanaman bisa menghasilkan 4 kg maka jumlah buah tomat pertanaman adalah 12 buah. Berbeda lagi jika ukuran buahnya sedang, 1 kg bisa berisi 6 buah tomat.

Dalam konteks pengukuran produksi atau hasil tanaman tomat bukan dihitung dari jumlah buahnya, tetapi berat produktifitasnya pertanaman. Kalau satuannya luas maka yang sering jadi pertanyaan berapa ton per hektar.

Jadi bagaimana, sudah mulai paham ya. Untuk menambah wawasan, berdasarkan refrensi dari atikel trubus, tanaman tomat yang di tanam di dataran rendah produktifitas pertanaman 1-2 kg, sedangkan dataran tinggi mencapai 3-4 kg. Tapi seiring dengan berkembangnya dunia pertanian saat ini ditemukan varietas dan tehnik budidaya tanaman tomat sehingga produktifitasnya mencapai 8 kg pertanaman. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar