--> Skip to main content

Ciri-Ciri Tanaman Jambu Sukun Merah

Jambu biji sukun merah adalah salah satu buah favorit saya, sebab buahnya yang berwana merah dan daging yang tebal jambu ini juga memiliki ciri-ciri unik yaitu biji yang sedikit bahkan tanpa biji pada beberapa buah dalam satu tanaman. Berbeda dengan jambu lokal yang biasa kita jumpai dipasar atau dilingkungan sekitar yang di dalam buahnya terdapat banyak sekali bijinya.

Awal perkenalan saya dengan jambu ini berawal saat praktek kuliah lapang (PKL) disalah satu kebun pecobaan miliki pemerintah yang berada di sumbersekar, dau malang pada tahun 2015. Jika dilihat sekilas tanaman jambu biji hampir semuanya sama, baik dari daun dan batang tanaman bahkan dari tampilan buah yang dihasilkan.

Setelah mengamati secara mendalam dan informasi yang saya dapatkan dari pembimbing adalah bahwa pembeda tanaman jambu biji sukun merah dengan tanaman jambu biji lokal bisa diketahui dari bentuk daunnya.

Jambu biji sukun merah memiliki daun yang cenderung bulat sedangkan pada jambu biji biasa alias lokal bentuk daunnya panjang lonjong. Sedangkan pada batang tanaman tergolong sama. Perhatikan gambar dibawah ini.

Ini adalah foto daun tanaman Jambu biji sukun merah cenderung berbentuk bulat
Bisa Anda amati dari foto diatas bahwa daun tanaman jambu biji sukun merah memiliki kecenderungan bulat, sedangkan pada jambu biji lokal cenderung panjang lonjong, coba amati gambar dibawah ini.

Foto ini adalah daun dari tanaman jambu biji lokal yang buahnya memiliki banyak biji
Sudah bisa kita bandingkan ya dari perbedaan bentuk daunnya saja sudah cukup mencolok. Ciri kedua yang saya amati adalah daun muda pada tanaman jambu sukun merah rata-rata memiliki garis merah pada tepi daunnya.

Selain dari daun kita juga bisa melihat perbedaan tanaman jambu biji sukun merah dan jambu biji lokal dari buahnnya setelah dibelah. Buah jambu sukun merah memiliki daging berwarna pink kemerahan dengan biji sedikit bahkan tanpa biji. Sedangkan pada jambu biji lokal berwarna putih susu dengan banyak biji didalamnya.

Kesimpulan dari ciri-ciri tanaman jambu biji sukun merah adalah daun yang cederung bulat, daun muda bergaris tepi berwarna merah dan buah yang berdaging merah dengan biji sedikit bahkan tanpa biji. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar