--> Skip to main content

Daun Binahong Untuk Mengobati Luka Diabet

Daun binahong terkenal dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan, salah satu khasiat binahong adalah untuk pengobatan luka pada penderita diabetes. Diabet adalah penyakit yang disebabkan kadar gula dalam tubuh tidak terkendali secara normal sehingga dapat merusak organ tubuh yang lain apabila tidak segera diatasi.

Penderita diabet harus selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu prima dan menghidari sebisa mungkin hal-hal yang dapat menjadikan tubuh terluka, sebab apabila organ tubuh terluka akan cukup lama dan sulit untuk sembuh.

Foto daun binahong di pekarangan rumah saya

Hal ini disebabkan sistem recovery tubuh sudah tidak normal. Namun apabila sudah terlanjur luka jangan sampai dibiarkan terlalu lama dan harus segera mendapat penanganan dengan cara diobat agar tidak infeksi.

Salah satu ramuan alami untuk membantu pemulihan luka pada penderita diabet adalah daun binahong, hal ini karena binahong mengandung senyawa yang dapat membantu menutup luka pada penderita diabet.

Baca Juga :
Kandungan Senyawa Pada Daun Binahong
Cara Menanam Tanaman Binahong

Apakah cara ini benar-benar bisa? Saya tidak bisa menjamin tapi kemungkinan sembuh ada dan Anda tidak akan rugi bila mencobanya karena tanpa efeksamping sebab daun binahong adalah ramuan tradisional.

Penelitian tentang pengobatan penyembuhan luka bagi penderita diabet sudah mulai dilakukan, walaupun sampai saat ini untuk objek penelitiannya adalah tikus putih, namun dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari daun binahong mampu mempercepat penyembuhan luka pada tikus putih yang menderita diabet.

Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Nurtika (2017) Uji Antidiabetik Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) Pada Tikus Putih jantan Galur Wistar (Rattus novergicus) yang Diinduksi Aloksan dan (Kintoko, dkk., 2017) Pengaruh Kondisi Diabetes pada Pemberian Topikal Fraksi Daun Binahong dalam Proses Penyembuhan Luka Menunjukkan bahwa pemberian binahong pada luka diabet dapat mempercepat proses penyebuhan.

Lalu bagaimana cara menggunakan binahong? Ada dua cara mudah menjadikan tanaman binahong sebagai ramuan tradisional untuk penderita diabet, pertama dengan mengolah daunnya menjadi minuman atau kapsul ekstrak tanaman binahong dan yang kedua dengan menumbuk daun binahong hingga lembut dan berlendir lalu dibalurkan pada area luka selanjutnya diamkan hingga mengering.

Admin sendiri sering menggunakan daun binahong untuk mengobati luka karena jatuh atau terkena sayatan benda tajam. Selain itu juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah bila digunkan sebagai masker.

Namun, jika Anda tidak ingin repot membuat ramuan binahong atau kesulitan dalam mendapatkan tanaman binahong, saat ini sudah ada di pasaran kapsul ekstrak daun binahong yang dapat mempermudah Anda dalam memperoleh ramuan daun binahong.

Saran saya Anda coba menanam tanaman binahong di pekarangan rumah Anda, karena tanaman ini mudah tumbuh dan tidak memakai lahan yang luas. Anda juga bisa menanamnya menggunakan pot.

Keuntungan bila Anda menanam binahong bila sewaktu-waktu keluarga atau tetangga Anda membutuhkannya dapat dengan mudah memperoleh dari tanaman Anda, hitung-hitung sedekah kepada sesama.

Sebelumnya Admin minta maaf karena foto-foto untuk pembuatan ramuan daun binahongnya belum sempat diambil, nanti jika ada kesempatan akan admin tambahkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba dirumah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar