--> Skip to main content

Morfologi Tanaman Tomat


Barangkali ada yang memiliki tugas dari guru ataupun dosen sobat tentang materi morfologi pada tanaman tomat. Berikut ini materinya, semoga bermanfaat dan selamat membaca. 

Tomat mempunyai akar tunggang yang tumbuh menembus kedua tanah dan akar serabut yang tumbuh menyebar kearah samping. Batang tanaman tomat berbentuk persegi empat hingga bulat, berbatang lunak tetapi cukup kuat, berambut halus atau berbulu dan diantara bulu-bulu tersebut terdapat rambut kelenjar. 

Pada ruas batang mengalami penebalan dan pada ruas bagian bawah tumbuh akar-akar pendek. Selain itu batang tanaman tomat dapat bercabang dan diameter cabang lebih besar jika di bandingkan dengan jenis tanaman sayuran lainnya. 

Daun tanaman tomat berbentuk oval bagian tepi daun bergerigi dan membentuk celah-celah yang menyirip serta agak melengkung kedalam. Daun berwarna hijau dan merupakan daun majemuk ganjil yang berjumlah 3-6 cm. Diantara daun yang berukuran besar biasanya tumbuh 1-2 daun yang berukuran kecil. 

Daun Majemuk pada tanaman tomat tumbuh berseling-seling atau tersusun spiral mengelilingi batang tanaman. Bunga tomat berukuran kecil, diameternya sekitar 2 cm dan berwarna kuning cerah, kelopak bunga berjumlah 5 buah dan berwarna hijau terdapat pada bagian terindah dari bunga tomat warna kuning cerah berjumlah 6 buah. 

Bunga tomat merupakan bunga sempurna karena benang sari atau tepung sari dan kepala putik atau kepala benang sari berbentuk pada bunga yang sama. Buah tomat memiliki bentuk yang bervariasi, tergantung varietasnya ada yang berbentuk bulat, agak bulat, agak lonjong dan bulat telur (oval). 

Ukuran buahnya juga bervariasi, yang paling kecil memiliki berat 8 gram dan besa memiliki berat 180 gram. BUah yang masih mudah bewarna hijau muda, bila telah matang menjadi merah, (Cahyono, 2008). Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar