--> Skip to main content

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat


Berencana ingin membudidayakan tanaman tomat? Tidak ada salahnya jika Anda mempelajari syarat tumbuh tanaman tomat untuk meningkatkan hasil atau produksi buahnya. Tanaman tomat itu juga kan makhluk hidup yang perlu dipenuhi kebutuhannya jika ingin hasil yang memuaskan.

Keadaan Iklim
Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik pada musim kemarau dengan pengairan yang cukup. Kekeringan banyak mengakibatkan banyak bunga yang gugur, lebih-lebih bila disertai dengan angin kering. Sebaliknya pada musim hujan pertumbuhannya kurang baik karena kelembaban dan suhu yang tinggi akan menyebabkan timbulnya banyak penyakit. 

Tanaman tomat memerlukan sinar matahari yang cukup. Kekurangan sinar matahari menyebabkan tanaman tomat terserang penyakit, baik parasit atau non parasit. Intensitas sinar matahari sangat penting dalam pembentukan vitamin C dan karoten dalam buah tomat. 

Sinar matahari berintensitas yang tinggi akan menghasilkan vitamin C dan karoten (provitamin A) yang lebih tinggi. Pertumbuhan tanaman tomat didataran tinggi lebih baik dari pada didataran rendah karena tanaman menerima sinar matahari lebih banyak tetapi suhu rendah. 

Keadaan Tanah 
Tanaman tomat dapat ditanam di segala jenis tanah, mulai tanah pasir sampai tanah lempung. Akan tetapi tanah yang ideal adalah tanah lempung berpasir yang subur, gembur, banyak mengandung unsur organik serta unsur hara dan mudah merembeskan air. 

Tanah yang selalu tergenang air menjadi tanaman yang kerdil dan mati. Tanaman tomat tumbuh baik dengan tanah ber-pH 6,0-7,0. Pada tanah yang kurang subur ditanami pupuk hijau misalnya orok-orok (Crotalalia juncea) (Pracaya,1998). 

Gimana, sudah mulai pahamkan sedikit banyak syarat tumbuh tanaman tomat baik dari segi iklim dan keadaan tanah yang sesuai dengan tanaman tomat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa diartikel selanjutnya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar