--> Skip to main content

Bisakah Gandum Ditanam di Indonesia? Bisa

Image by. imisup.blogspot.

Kebutuhan gandum di Indonesia sangatlah besar, bahkan indonesia adalah salah satu pengimpor gandum terbesar di Dunia, menurut media masa indonesia mengimpor gandum sekitar 7 juta ton pertahunnya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bagaimana tidak, hampir tiap hari makanan yang kita konsumsi mengandung gandum, seperti roti, gorengan, mie instan dan lain-lain. 

Pertanyaannya sekarang apakah indonesia bisa di tanam tanaman gandum? Apakah tanaman gandum di Indonesia dapat berproduksi tinggi? Berikut ini kajian literatur yang mungkin dapat menjawab pertanyaan di atas. 

Gandum adalah tanaman yang dapat tumbuh baik di daerah subtropis dengan 4 musim sedangkan Indonesia adalah negara tropis yang hanya memiliki 2 musim. Gandum memerlukan suhu yang sejuk dangan curah hujan sedikit, di daerah indonesia ada dataran sejuk seperti malang, tawangmangu dan lain-lain namun curah hujan yang tinggi membuat hasil produksi gandum tidak memuaskan. 

Adakah cara yang bisa dilakukan agar gandum di Indonesia bisa tumbuh dengan baik dan produktifitasnya tinggi? Ada, yaitu dengan penelitian dan pengembangan varietas gandum iklim  tropis, Cara ini sudah dibuktikan di India dan berhasil dengan produktifitas tinggi. 

Indonesia sendiri sudah mulai mencoba dan meneliti gandum sejak awal abad 20 hingga saat ini, namun karena kurang sungguh-sungguh hasil dari penelitian ini sampai saat ini belum banyak dirasakan hasilnya. Kabar baiknya saat ini Indonseia sudah memiliki beberapa varietas yang dikembangkan sendiri oleh para peneliti sehingga dapat menghasilkan gandum 2 hingga 7 ton perhektar sekali panen. 

Ini adalah angin segar untuk Indonesia bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan gandum  dalam negeri. Saat ini peneliti dan pemerintah sedang mempersiapan beberapa daerah seperti sulsel palu dan lain-lain sebagai sentra gandum yang dapat memproduksi biji gandum, serta pengolahannya dan semoga rencana ini berhasil sehingga indonesia setidaknya bisa memenuhi sebagian kebutuhan gandum dalam negeri. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar