--> Skip to main content

Cadangan Makanan Pada Tanaman Gandum


Gandum adalah salah satu tanaman pangan yang cukup terkenal di dunia dan masih dalam kategori jenis tanaman biji-bijian. Umumnya di indonesia produk dari gandum adalah tepung terigu. Ada pertanyaan menarik, yang mungkin salah satu pertanyaan Anda, yaitu dimanakah cadangan makanan tanaman gandum? Berikut ini jawabannya. 

Menurut wikipedia cadangan makanan pada tanaman gandum berada pada lembaga atau disebut (intisari gandum). Lembaga terdapat pada biji gandum sebesar 2,5-3%, mengandung banyak lemak dan terdapat bagian yang selnya masih hidup bahkan setelah pemanenan. Di sekeliling bagian yang masih hidup terdapat sedikit molekul glukosa, mineral, protein, dan enzim. 

Pada kondisi yang baik, akan terjadi perkecambahan yaitu biji gandum akan tumbuh menjadi tanaman gandum yang baru. Perkecambahan merupakan salah satu hal yang harus dihindari pada tahap penyimpanan biji gandum. Perkecambahan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kondisi kelembapan yang tinggi, suhu yang relatif hangat dan kandungan oksigen yang melimpah.

Lembaga atau intisari gandum merupakan embrio dalam tanaman gandum. Persentase mencapai 2,5-3% dari biji gandum utuh. Warnanya coklat keemasan dan berbentuk serpihan. Namun sayangnya, pada produksi tepung terigu, intisari gandum dihilangkan pada saat proses pemurnian biji gandum. 

Hal ini dikarenakan kandungan minyak nabati yang tinggi pada intisari gandum sehingga pembuangannya akan mencegah tepung agar tidak mudah teroksidasi, tengik dan awet saat disimpan. Demikian artikel tentang cadangan makanan pada gandum, semoga bermanfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar