--> Skip to main content

Tanaman Jambu Biji Sukun Merah

Tanaman jambu biji sukun merah masih muda, bibit dari hasil okulasi
Jambu biji sukun merah adalah tanaman unggul yang memiliki banyak kelebihan dari jenis jambu biji yang lain. Salah satu sifat unggul dari jambu sukun merah ini adalah daging buah yang tebal berwarna merah dan biji yang sedikit bahkan tanpa biji.

Buah jambu sukun merah ini banyak diminati oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan renyah, bisa langsung dikonsumsi atau dibuat minuman segar seperti jus. Karena biji yang sedikit membuat banyak orang tidak khawatir menelan biji dari jambu biji ini.

Pastinya untuk Anda yang hobi berkebun ingin sekali menambah koleksi tanaman dikebun atau pekarangan rumah dengan tanaman jambu biji sukun merah. Membudidayakan tanaman ini Anda wajib memiliki bibitnya terlebih dahulu.

Cara memperoleh bibit tanaman jambu biji sukun merah ada 2, pertama menanamnya sendiri dari biji atau mencangkok dari tanaman yang sudah ada. Kedua dengan membelinya langsung di toko bibit buah unggul.

Budidaya jambu biji sukun merah ini bisa dilakukan didalam pot dan langsung ditanam di lahan yang sudah dipersiapkan. Tanaman ini juga mudah loh dalam budidayanya karena syarat tumbuhnya tidak perlu suhu dan tanah yang spesifik.

Cara Menanam Jambu Biji Sukun Merah
Saya anggap Anda sudah memiliki bibit jambu biji sukun merah ini dari okulasi dengan membelinya di toko bibit. langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah lokasi dan tempat untuk menanam. Pilihlah lokasi yang memungkinkan tanaman jambu biji dapat tersinari matahari secara penuh. Bila di tanam di pot usahakan diameter pot lebih dari 50 cm.

Setelah lahan sudah disipakan, galilah tanah kira-kira sedalam media akar, selanjutnya biarkan selama 1 hingga 3 hari. Kemudian Anda bisa menanam langsung bibit jambu biji ini ke lubang yang sudah disediakan. Anda juga bisa menambahkan pupuk dasar (bisa bokasi atau kompos) untuk menutupi perakaran bibit jmabu biji pada saat di tanam.

Usahakan jarak antar tanaman lainnya minimal 3 meter agar tidak terjadi persaingan unsur hara. Cara merawat bibit tanaman jambu biji ini dengan menyiram 1 hingga 2 x sehari diwaktu pagi atau sore dan memberikan pupuk NPK 1 bulan sekali dengan dosis 5 gram per tanaman. Bibit tanaman yang baru dipindah tanam dapat mulai diberikan pupuk 30 hari setelah pindah tanam.

Dengan cara diatas bibit tanaman jambu biji sukun merah hasil okulasi dapat berbuah dalam waktu kisaran 1 tahun setelah tanam. Jadi cukup mudahkan, Silahkan mencoba dirumah. Sampai jumpa dan terimakasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar