--> Skip to main content

Tanaman Obat Binahong Dengan Banyak Manfaat

Binahong ( Anredera cordifolia) adalah salah satu tanaman obat yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Tanaman binahong ini diduga berasal dari amerika selatan yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi.

Binahong sangat terkenal di dataran Tiongkok, Korea dan Taiwan, sedangkan di asia tenggara binahong menjadi wajib dikonsumsi penduduk Vietnam saat melawan invansi dari amerika. Sedangkan di Indonesia tanaman ini masih cukup asing ditelinga kita.

Tanaman binahong menjalar di tiang telepon samping rumah
Morfologi / Ciri-Ciri Tanaman Binahong
Binahong adalah tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), panjang tanaman bisa mencapai  ± 10 m.

Daun Binahong
Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata) atau dalam baha gaul berbentuk love, panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun cukup tebal, ujung runcing dengan pangkal berlekuk (emerginatus), tepirata, permukaan licin, bisa dimakan langsung akan terasa berlendir.
Daun tanaman binahong berbentuk jantung, tangkai daun pendek, cukup tebal dan bisa langsung dimakan

Batang Tanaman Binahong
Batang binahong lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, sering muncul semacam rimpang/umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar, biasanya muncul ditanaman binahong dewasa.

Berwarna merah sebagian hijau dan muncul semacam umbi atau ripang yang dapat ditanam menjadi bibit tanaman binahong

Akar: berbentuk rimpang, berdaging lunak

Bunga Tanaman Binahong
Bunga: majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum.
Foto bunga binahong lebih dekat

Daun tanaman binahong berwarna putih
Cara Menanam Tanaman Binahong
Tanaman binahong tergolong tanaman yang mudah dibudidayakan karena dapat tumbuh dengan mudah. Perbanyakan tanaman binahong paling mudah menggunakan rimpang atau tunas yang ada di batang yang sudah memiliki beberapa daun. Adapun cara menanamnya sebagi berikut: 

Pertama siapkan ploybag atau gelas platik bekas air mineral, kemudian lubangi bagian bawah untuk saluran air agar tidak mengendap dipot. Isilah polybag atau gelas plastik dengan tanah dan ambilah rimpang binahong yang biasanya muncul di batang, kemudian tanamlah rimpang yang tadi sudah disiapkan. Selanjutnya letakkan ditempat yang teduh selama 1 minggu dengan peyiraman 1 kali sehari.

Tanaman binahong muda yang saya tanam menggunakan rimpang batang sudah mulai tumbuh daun, usia 2 minggu dan sudah siap dengan pencahayaan matahari penuh. 
Jika daun baru sudah mulai muncul Anda bisa memindahkan tanaman ke ploybag atau pot yang lebih besar, bisa juga langsung ditanam ditanah dan jangan lupa diberi lanjaran/ajir. 

Kandungan Daun Binahong Yang Berkhasiat
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. (Astuti, dkk., 2011) menunjukkan bahwa tumbuhan binahong mengandung senyawa fenol, flavonoid, saponin, triterpenoid, steroid dan alkaloid. Selain itu Sanarto, dkk., (2010) juga menyatakan bahwa daun binahong berpotensi sebagai antioksidan alami karena mengandung asam askorbat (vitamin C) dan total fenol yang cukup tinggi.

Saponin adalah salah satu dari metabolit sekunder banyak ditemukan dalam sumber-sumber alami seperti tanaman, manfaat atau kegunaan saponin untuk tubuh adalah untuk mengikat kolestrol dalam darah dan antiseptik. Alkaloid adalah senyawa alami yang ditemukan dalam semua sayuran termasuk nitrogen dan dianggap zat disintegrasi yang terdiri dari protein. Flavonoid termasuk senyawa fenolik
alam yang berpotensi sebagai antioksidan. 

Khasiat Utama Binahong 
1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segalaluka-luka dalam, radang usus.
2. Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
3. Mencegah stroke, maag, asam urat.
4. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
5. Wazir (ambeien)
6. Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
7. Diabetes dan lain-lain.

Cara Memanfaatkan Binahong Untuk Tanaman Obat
Daun binahong dapat langsung dimakan dengan dikunyah  hingga halus, atau rebus bersama air kemudian diminum dengan ampasnya dan bisa juga dengan cara  di jus (diblender). Daun binahong memiliki khasiat sebagai berikut : 

Kategori penyakit berat 
1. batuk / muntah darah : 10 lembar daun ini diminum setiap hari.
2. kencing manis: 11 lembar setiap hari.
3. Borok akut yang menahun: 12 lembar setiap hari
4. paru-paru bolong: 10 lembar setiap hari.
5. Patah tulang: 10-20 lembar setiap hari 
6. Darah rendah: 8 lembar setiap hari 
7. Radang ginjal: 7 lembar setiap hari 
8. Segala macam gatal-gatal atau eksim kulit: 9 lembar setiap hari
9. Gejala liver: 10 lembar setiap hari
10. Gegar otak ringan atau berat: 10-15 lembar setiap hari

Kategori penyakit berat seperti yang ditersebutkan diatas dibutuhkan waktu penyembuhan 1 hingga 6 bulan. disarankan untuk bersabar selama pengobatan meminum obat ini tiap hari.

Kategori penyakit ringan
1. Disentri atau buang air besar: 10 lembar daun ini diminum setiap hari
2. Ambein hingga berdarah: 16 lembar setiap hari
3. Luka bakar: 10 lembar setiap hari
4. Hidung mimisan (berdarah): 4 lembar setiap hari
5. Habis bedah operasi: 20 lembar setiap hari
6. Luka akibat kecelakaan / benda tajam: 10 lembar setiap hari
7. Jerawat: 8 lembar setiap hari
8. Usus bengkak: 3 lembar setiap hari
9. Gusi berdarah: 4 lembar setiap hari
10. Kurang nafsu makan: 5 lembar setiap hari 
11. Melancarkan haid: 3 lembar setiap hari (diminum selama masa haid)
12. Habis bersalin (melahirkan): 7 lembar diminum tiap hari selama 10 hari
13. Menjaga stamina tubuh agar tetap sehat: 1 lembar setiap hari selamanya
14. Penghangat badan: 5 lembar setiap hari
15. Lemah syahwat: 3 lembar setiap hari atau 10 lembar setiap minum dicampur madu.

Kategori penyakit ringan seperti diatas dibutuhkan pengobatan beberapa hari atau minggu. untuk anak-anak cukup berikan takaran separuh dewasa. 

Contoh Cara Penyajian Ramuan Binahong yang dapat dilakukan sendiri :

1. Cara paling mudah memanfaatkan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagai campuran saat memasak mi instan dan dimakan langsung sebagai lalapan. Jangan lupa untuk mencuci daun binahong terlebih dahulu di air yang mengalir hingga besih. 

2. Pemakaian luar: daun dan batang ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

3. Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambah kansedikit sereh atau gula batu bila suka.

4. Daun, akar, dan batangnya digunakan sebagai obat. Dapat memulihkan stamina yang loyo, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Pemakaian dalam: umbi binahong dicuci bersih, direbus, saring airnya. Minum 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, tifus. Bisa juga akar dikeringkan, ditumbuk halus, masukkan ke dalam kapsul, lalu diminum 3 kali sehari.

5. Menghilangkan jerawat, flek hitam dan menghaluskan serta mencerahakan wajah. Ambillah daun binahong secukupnya lalu, tumbuk hingga halus dan gunakanlah sebagai masker. Diamkan hingga 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan setiap mau tidur dan dipagi hari sebelum beraktifitas selama 1 minggu dan buktikan hasilnya. 

Semoga artikel tanaman obat binahong ini bermanfaat untuk Anda pembaca, jika ada saran atau kritikan yang membangun silahkan berkomentar dibawah. Sampai jumpa dan selamat mencoba. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar