--> Skip to main content

Teknik Cara Penanaman Tanaman Tomat di Lahan


Setelah bibit tanaman tomat sudah siap ditanam di kebun langkah selanjutnya adalah menanan tomat,  ada 2 macam jarak tanam yang bisa diterakpakan, yaitu dengan sistem dirampel dan sistem bebas. 

Sistem dirampel 
Jarak tanam sistem ini adalah 50 cm x 50 cm atau 60 cm x 60 cm, bujur sangkar atau segitiga sama sisi. Cara menanam dengan sistem ini maksudnya yaitu tunas-tunas yang tumbuh diambil (dipotong) sedini mungkin, sehingga tanaman hanya memiliki satu batang tanpa cabang. 

Sistem bebas
Ukuran jarak tanam sistem bebas adalah 80 cm x 100 cm; 80 cm x 80 cm; 80 cm x 100 cm; 100 cm x 100 cm. Bentuk yang digunakan dapat berupa bujur sangkar, segi panjang atau segitiga sama sisi. Cara menanam dengan sistem ini bertujuan membiarkan tunas-tunas yang tumbuh menjadi cabang-cabang besar dan dapat berbuah. 

Pembuatan Lubang Tanam 
Bedengan yang telah dipersiapkan untuk penanaman bibit, sehari sebelumnya hendak diarii terlebih dahulu supaya basah. Kemudian pada bedeng yang telah di tutup mulsa plastik dibuat lubang tanam dengan diamete 7-8 cm sedalam 15 cm. 

Cara Penanaman 
Apabila penanaman dilakukan pada musim kemarau pakailah mulsa plastik hitam perak. Apabila tomat ditanam pada musim hujan pasanglah lebih dahulu atap plastik transparan (tembus cahaya) pada bedengan yang akan ditanam. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar