--> Skip to main content

Perawatan Tanaman Tomat Agar Berbuah Banyak dan Besar


Tanaman sama halnya seperti manusia yang perlu untuk dirawat dan di asup kebutuhan gizinya agar dapat tumbuh dan sehat. Tomat juga perlu perawatan agar dapat berbuah dengan ukuran yang besar dan jumlahnya banyak. 

Setiap petani yang mengusahakan atau membudidayakan tanaman tomat pastinya ingin buah yang dihasilkan banyak dengan ukuran yang besar sehingga keuntungan yang diperoleh juga semakin besar. Kunci dari keberhasilan budidaya tanaman tomat adalah diperawatan dan pemilihan varietas tanaman tomatnya. 

Berikut ini beberapa tahapan dalam perawatan tanaman tomat : 

Penyulaman
Penyulaman adalah mengganti tanaman yang mati, rusak atau yang pertumbuhannya tidak normal, misalnya tumbuh kerdil agar pertumbuhannya serempak dan produktifitasnya sama tinggi. Penyulaman ini sebaiknya dilakukan seminggu setelah tanam. 

Penyiangan 
Gulma yang tumbuh di areal penanaman tomat harus disiangi agar tidak menjadi pesaing dalam menyerap unsur hara, sinar matahari sekaligus memberantas inang hama yang berpotensi menyerang tanaman tomat. 

Pembubunan
Tujuan pembubunan adalah memperbaiki peredaran udara dalam tanah dan mengurangi gas-gas atau zat-zat beracun yang ada di dalam tanah sehingga perakaran tanaman akan menjadi lebih sehat dan tanaman akan menjadicepat besar. 

Perempelan 
Tunas yang tumbuh di ketiak daun harus segera dirempel/dipangkas agar tidak menjadi cabang. Perempelan paling lambat dilakukan 1 minggu sekali. Pada tanaman tomat yang tingginya terbatas, perempelannya harus dilakukan dengan hati-hati agar tunas terakhir tidak ikut dirempel, supaya tanaman tidak terlalu pendek. 

Pemupukan 
Adapun kebutuhan pupuk anorganik untuk tanaman tomat adalah 500 kg/ha Za, 170 kg/ha SP36, dan 220kg/ha KCI. ZA diberikan sebanyak 4 tahap, yaitu 200 kg/ha pada saat tanam, dan 100 kg/ha masing-masing padaumur 10 hst, 24 hst, dan 44 hst. SP36 diberikan seluruhnya pada saat tanam. KCI diberikan dengan 3 tahapan, yaitu 120 kg/ha pada saat tanam, 60 kg/ha pada umur 24 hst, dan 40 kg/ha pada umur 44 hst. 

Penyiraman 
Pemberian air yang berlebihan pada area tanaman tomat dapat menyebabkan tanaman tumbuh memanjang, tidak mampu menyerap unsur-unsur hara dan mudah terserang penyakit. Kekurangan air yang berkepanjangan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pada stadia awal. 

Pemasangan Ajir 
Pemasangan ajir dimaksudkan untuk mencegah tanaman tomat roboh akibat terkena angin dan kelebihan beban buah sehingga tanaman tetap tegak dan tetap memproduksi buah yang berkualitas. 

Pemangkasan cabang 
Pemangkasan cabang dengan meninggalkan satu cabang utama per tanaman akan menghasilkan buah tomat dengan diameter yang lebih besar dibandingkan dengan tanpa pemangkasan. 

Apabila tanaman tomat sudah dirawat sesuai dengan petunjuk di atas, tantangan selanjutnya adalah menjaga tanaman dari serangan hama dan penyakit. Apa bila tanaman diserang hama atau penyakit maka harus segera ambil tindakan untuk mengendalikan  hama dan penyakit agar meminimalisir kerusakan. 

Baca juga : Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Tomat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar