--> Skip to main content

Kegunaan Buah Tomat Berdasarkan Fungsinya

Siapa sih yang tidak mengenal tanaman tomat? Semua orang mengenalnya karena buah tomat memiliki banyak kegunaan untuk manusia. Orang mengenal tomat dengan sebutan buah tomat, sayur tomat, serta lalapan tomat.

Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Kegunaan tomat saat ini sangat banyak karena perkembangan teknologi sehingga ditemukan cara baru untuk memanfaatkan buah tomat ini.

Berikut ini beberapa kegunaan tomat yang admin tanpot kumpulkan untuk sobat:

Buah Tomat Sebagai Makanan
Penggunaan tomat sebagai makanan untuk manusia sudah dikenal sejak lama sekali, beberapa makanan yang berbentuk tomat adalah buah tomat, sayuran tomat, saos tomat, manisan tomat dan lalapan tomat. Tomat kaya akan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk manusia.

Buah Tomat Sebagai Minuman
Tomat dimanfaat juga sebagai minuman oleh manusia diantaranya wedang tomat dan jus tomat yang banyak kita jumpai di warung jus buah.

Tomat Untuk Kecantikan 
Tomat juga dimanfaatkan untuk kecantikan sebagai masker yang berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Tomat Untuk Ternak
Selain untuk makanan dan kecantikan, tomat juga bisa loh untuk makanan ternak, misalnya bebek, dan cacing lumbricus rubellus.

Tomat Untuk Tanaman 
Limbah buah tomat yang tidak terpakai juga bisa dijadikan kompos/ bokasi yang bermanfaat untuk meningkatkan nutrisi dalam media tanam.

Bagaimana, banyak bukan kegunaan tomat dalam kehidupan kita, jadi jangan melihat tomat sebelah mata, jadi lihatlah secara menyeluruh karena barangkali kita bisa melihat peluang usaha dalam memanfaatkan buah tomat ini. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar